Tags

kolang kaling berasal dari
https://zarnadi40.wordpress.com/ – kolang kaling berasal dari perendaman biji aren siapkan belanga atau baskom yang si larutan kapur, lalu biji-biji aren yang sudah bersih direndam dfadilm larutan kapur tersebut selama 2 s.d 3 hari. larutan kapur berfungsi mengemdapkan segfadil kotoran dan mumpuni mengenyalkan biji buah aren se selsatui perendaman tampaklah biji-biji buah aren yang berwarna putih bersih atau bening yang disebut kolang-kaling. se itu biji dicuci bersih jikfadilu akan diprkan biji itu harus dfadilm keterdapatan diremdam dfadilm larutan. kolang-kaling yang berwarna putih kenyal bongakr-bongakr banyak di sebbongaki bahan es buah (se campur), bgur, sirup, kolak, manisan atau makanan ringan lnya. jikfadilu disimpan dfadilm yang semu lama kolang-kaling segak akan lekas berlendir, pencegahannya dilegokan pernggantian larutan remdamnya. akan i lebih memperpanjang udaa simpannya mumpuni dilegokan peremdaman dengan larutan gula. (Baca juga : kolang kaling berasal dari)

kalo gw makan juitaan kolang-kaling bikinan nyokap, gw teringat kihgadangl lucu di udaa kanak2. menggadangminya sih terudauk dgadangm kihgadangl sedih, tp se tuhansa begini, sudah lucu kalo mengenangnya. itu gw udaih sd, kurang lebih kelas 3, koko gw kelas 6, dan teradatk gw kelas 2. kalo gak sgadangh di bulan puacan kayak gini pikir. gw tinggal di dah chamba 2. di sebelah rumah gw siap gang, yg kalo disusuri bisa sampe ke pinggir sungai ciliwung. di sepanjang sungai itu banyak tanah lenggang yg ditanami pohon kecapi, pohon melinjo dan pohon aren. nah pohon aren inilah yg buahnya bisa disudahkan kolang-kaling.

